Sedikit Tentang Cinta

on Senin, 23 Februari 2009
Bahasa adalah rumah ada. Dan dirumahnya manusia tinggal. Mereka yang berfikir dan mereka yang mencipta dengan kata-kata adalah para penjaga rumahnya.(Martin Heidegger).

Dari penjelasan singkat ini dapat diambil kesimpulan bahwa kata sangat berperan dalam mendefinisikan dan mendeskripsikan sesuatu dengan segala keterbatasannya tentunya. Termasuk cinta. Cinta yang oleh sebagian kalangan dianggap sesuatu yang absurd mampu diimajinasikan dengan baik dengan kata-kata. Dan karena itulah muncul anggapan bahwa cinta memang harus diungkapkan(??).

Dilain pihak adalah Sartre dengan pernyataannya;”eksistensi mendahului esensi”. Disinilah menempatkan manusia sebagai pusat dari segala sesuatu, yang memiliki eksistensi, dalam lingkungannya. Termasuk cinta. Cinta menurut hemat saya bermula dari manusia dengan segala keadaannya dengan kondisi sosio kultural yang menyelingkupinya. Atas dasar inilah apabila kita kaitkan dengan paragraf diatas ada keterkaitan yang menarik, bahwa cinta dengan beberapa bentuknya yang sederhana, termasuk cinta sepasang manusia, karena melibatkan manusia sebagai subyek cinta, memang harus diungkapkan apabila esensi dari cinta dalam kaitannya dengan keberadaan manusia sebagai makhluk yang mendambakan cinta, memang ingin diketahui.

Suara kehidupanku memang tak akan mampu menjangkau telinga kehidupanmu; tapi marilah kita cuba saling bicara barangkali kita dapat mengusir kesepian dan tidak merasa jemu.(Kahlil Gibran)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

sepakat!!
bahwa cinta memang harus diungkapkan...

penalizt mengatakan...

Takkan pernah habis pembahasan tentang cinta, tapi tak pernah ada penjelasan yg mampu menterjemahkannya secara mutlak...Karena sesungguhnya yg mutlak hanyalah cinta-Nya, karena atas nama cinta-Nya, kita ada, dan untuk cinta-Nya, kita berpijak...

muam_disini mengatakan...

cinta adalah condongnya sesuatu kepada sesuatu...itu adalah cinta dalam arti luas...
apa yang kau katakan bahwa cinta harus diungkapkan lewat kata adalah pengertian cinta dalam lingkup yang sempit...
dan semoga cinta yang ada sekarang bukan sekedar kata untuk membuka nafsu berahi hewani dari manusia...

Posting Komentar